Langsung ke konten utama

Q&A Bahasa Korea UGM

Halo! Kembali lagi mulai membuka blog ini dan rasanya ingin memposting beberapa hal karena selama setahun setelah beberapa artikel diterbitkan, viewersnya banyak dan banyak juga pertanyaan masuk lewat kolom komentar dan chat line.

Untuk itu saya akan posting pertanyaan-pertanyaan yang "mainstream", budayakan membaca ya sebelum bertanya :)

Sebelumnya saya perkenalan diri sendiri dulu ya karena banyak yang bertanya. Saya masih kuliah dan masuk S1 Bahasa Korea angkatan 2016 lewat jalur SBMPTN tes IPC (karena pilihan lainnya ambil saintek) dan Bahasa Korea saya masukkan ke pilihan pertama.

Q&A about 가자마다 대학교 한국어학과 (Jurusan S1 Bahasa Korea UGM)

1. Kuliah di Bahasa Korea sibuk ga?
ㅡ Antara sibuk atau ngga sih, tergantung mata kuliah yang kalian ambil. Kalau aku sih selama semester 1-3 masih santai (read masih males-malesnya) karena mata kuliah yang kami ambil tata bahasa, menulis, membaca, mendengar, berbicara yah sekitar itu terus selama tiga semester. Tapi semester 4 mulai banyak tugas, tiap mata kuliah ada tugasnya (disini zona kaget, dari sebelumnya santai jadi tiap malam nugas).

2. Kalau masuk jurusan Bahasa Korea mau jadi apa? (pertanyaan mainstream dari orang tua, bintang plus plus ini)
ㅡ Karena kita anak bahasa, pasti berhubungan dengan translate mentranslate. Jadi pekerjaan kami pasti tidak jauh dari yang namanya mentranslate. Kemungkinan terbesar jadi interpreteur, penerjemah buku, novel, komik, tour guide, dll.

3. Dari SMK bisa masuk kah?
ㅡ Untuk Fakultas Ilmu Budaya termasuk Bahasa Korea UGM bisa dimasuki oleh semua jurusan baik IPA, IPS, SMA Bahasa, dan SMK yang sebidang. SMK yang sebidang ini kurang tau yang dimaksud SMK yang jurusannya apa, tapi untuk teknik dan lain-lain mungkin gabisa masuk disini :(

4. Kalau gatau bahasa Korea sama sekali bisa masuk ga?
ㅡ Bahkan kalian yang gatau Korea sama sekali pun bisa masuk, disini penentuan masuk dari SNMPTN sama tes SBMPTN dan UTUL yang gaada hubungannya sama bahasa Korea sama sekali. Kalian tesnya TKPA sama SOSHUM (untuk SBMPTN dan UTUL), jadi materinya seperti yang kalian terima di SMA. Tidak ada tes khusus menulis bahasa Korea atau pengetahuan bahasa Korea, karena itu nanti yang akan kalian pelajari selama kuliah.

5. Di Bahasa Korea apa aja yang dipelajari?
ㅡ Seperti yang ada di jawaban pertanyaan no. 1, udah tertulis kalau semester 1-3 akan belajar tata bahasa, mendengar, berbicara, menulis, mendengar. Selain itu akan ada mata kuliah lain yaitu agama, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan lain-lain (fyi setiap tahun berubah dikarenakan ada penambahan mata kuliah baru). Selain itu apa yang dipelajari? Kita juga belajar kebudayaan, di Bahasa Korea ada ekstra kulikuler (동아리) yaitu Buchaechum, Samulnori, Hansamchum, dan Talchum. Selain itu di mata kuliah terdapat Seni dan Budaya Indonesia, dimana kalian bisa pilih mau tari atau karawitan atau batik.

6. Peluang lolos Bahasa Korea besar ga?
ㅡ Untuk tahun 2016, perbandingannya 1:99 (perhitungan semua jalur). Bisa dilihat sendiri ya peluangnya gimana.

7. Dosennya apakah ada yang dari Korea?
ㅡ (sedikit takut nulis dan jawab ini, takut blog dibaca dosen .eh) Dosen kami sebagian besar adalah orang Indonesia yang menempuh pendidikan di Indonesia dan Korea. Ada juga beberapa dosen yang native speaker alias orang Korea asli yang fasih berbicara bahasa Indonesia.

8. Di jurusan (himpunan mahasiswa)nya ada kegiatan apa aja?
ㅡ Himpunan mahasiswa kami bernama HIMAHARA (Himpunan Mahasiswa Bahasa Korea), disini ada beberapa event tahunan yang kami buat, diantaranya ada Free Class Bahasa Korea, Korea Movie Week dan Korean Days yang merupakan festival Korea kerja sama S1 Bahasa Korea dan D3 Bahasa Korea UGM. Yuk cek di ignya instagram.com/himaharaugm
ㅡ Selain itu dari jurusan, setiap tahun (biasanya bulan Januari, libur semester ganjil) kami kedatangan tamu dari Korea. Ada yang dari Hanseo, PAS dan Universitas Kyeongbuk. Untuk PAS dan Kyeongbuk ini, kami bertukar budaya. Mahasiswa Korea belajar bahasa dan budaya Indonesia dan kami belajar bahasa dan budaya Korea. Untuk PAS selama 3 minggu sementara Kyeongbuk selama kurang lebih 1 minggu.

9. Ketentuan untuk jalur bidikmisi apa aja?
ㅡ Bisa cek webnya bidikmisi sendiri ya, kurang tau kalau masalah bidik misi :(

10. Apa bedanya S1 Bahasa Korea dan D3 Bahasa Korea?
ㅡ Karena aku belum pernah survey ke temen D3, jadi mau ceritain yang aku tau aja ya. Kalau sarjana itu kita belajar bahasa sampai ke akar-akarnya. Kami belajar tentang linguistik dan sastra Korea juga. Sementara untuk diploma (menurutku), itu difokuskan ke praktek. Contohnya ada mata kuliah tour guide, di sarjana gaada tapi di diploma ada. Selain itu, sarjana tidak ada magang, diploma ada.

11. Kalau study exchange alias pertukaran pelajarnya gimana?
ㅡ Banyaaaaakkkk banget. Semester 2018-ganjil ada 7 teman kami dan 1 kakak tingkat yang ke Korea, yaitu salah duanya ke Universitas Kyeongbuk dan Kangwon. Masih ada universitas lain yang memberikan beasiswa pertukaran pelajar. Beasiswa yang diberikan beragam, dari lama studinya ada yang satu semester dan satu tahun, dari beasiswa yang didapat ada yang full (biaya kuliah, asrama dan biaya hidup termasuk tiket pesawat pulang pergi) dan ada yang sebagian (hanya biaya kuliah, biaya hidup ditanggung sendiri).

12. Tugasnya gimana?
ㅡ Tergantung mata kuliah ya ini, kalau mata kuliahnya yang berhubungan dengan jurusan (matkul wajib) ya pakai bahasa Korea - Indonesia, tapi kalau yang lain masih pakai bahasa Indonesia.

13. Ada tes TOPIK ga?
ㅡ Ada! Mungkin ada yang belum tau apa itu tes TOPIK. Jadi TOPIK ini adalah tes kemampuan berbahasa Korea, anggap aja  toeflnya bahasa Korea. Disini ada 2 macam tes TOPIK yaitu TOPIK 1 dan TOPIK 2. TOPIK 1 ini untuk mendapatkan level 1 dan 2, sementara TOPIK 2 untuk mendapatkan level 3-6. Di UGM sendiri setiap tahun diadakan minimal 2 kali tes TOPIK. Nah untuk mahasiswa bahasa Korea gimana? Untuk mahasiswa bahasa Korea, syarat kelulusan kami salah satunya adalah tes TOPIK. Untuk mahasiswa angkatan 2016, kami harus lulus TOPIK level 3, dan katanya untuk angkatan 2017 harus lulus TOPIK level 4.
Tes TOPIK itu susah ga?
Buat kami, kalau udah belajar dari buku kitab (Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia) sampai yang 3 sih berani ambil TOPIK 1 dan yakin bisa dapat level 2 (gayaan), dan kalau berani masih yakin ambil TOPIK 2 dan dapat level 3. Tingkat kesulitannya TOPIK 1 dan 2 itu njomplang (?) jadi yang TOPIK 1 itu (katanya) gampang dan TOPIK 2 itu susaaaahh, karena ada menulis juga dan teksnya tentang ekonomi dan lain lain.. gatau deh :(

14. Mahasiswa bakor masih bisa parttime ga?
ㅡ Bisa dong, ada yang parttime jadi guru les privat, ada yang parttime terjemahan artikel, novel, komik, dan lain-lain.

15. Setelah wisuda ada rekomendasi pekerjaan dari jurusan?
ㅡ Ada, beberapa perusahaan sudah menanti lulusan dari jurusan kami (dan ada yang kasih beasiswa dengan modus biar kalau lulus masuk perusahaan mereka). Dan itu ga harus diambil, bisa cari kerjaan sendiri kok, masih banyak di luar sana.

16. Plus minusnya kuliah di Bahasa Korea?
ㅡ Plusnya, kita bisa belajar bahasa dan budaya bangsa lain. Contohnya dari kebudayaan, orang Indonesia terkenal ngaret kan (maaf bicara) tapi di Korea dikenal dengan budaya 빨리빨리 nya alias harus tepat waktu. Kita juga mulai terpengaruh budaya itu, tugas harus dikumpulkan tepat waktu, kalau tidak nilai nol. Tugas yang dikirim via e-mail tidak boleh melebihi batas waktu. Datang tidak boleh terlambat, kalau terlambat boleh seat-in tapi tidak dihitung absen. Mungkin berat (no quote mainstream) tapi ini demi kebaikan.
ㅡ Minusnya, dari kebudayaan itu kita juga ngikuti hal yang buruk (maaf ini dari sisi saya) mulai dari cat rambut ala korea, gaya berpakaian, entah itu bisa masuk plus atau minus tergantung dari penyesuaian, kalau gaya yang dipilih sesuai dan cocok dengan orangnya mah oke aja. Tapi itu semua kembali ke diri sendiri. Lainnya adalah kalau ketinggalan materi, bisa ga ngerti. Lalu kemungkinan berpikir keluar dari jurusan ini 70% ada kalau tidak bisa mengikuti. Jadi jangan dientengin ya masuk Bahasa Korea :(

17. UKTnya berapa?
ㅡ Antara 500 ribu sampai 7.5 juta kalau ga salah. Itu masih ada bidikmisi ya.

18. Jurusan IPA apakah bisa masuk lewat SNM?
ㅡ Bisa, teman kami angkatan 2016 ada 1 yang masuk lewat SNM.

Oke sementara segitu dulu ya pertanyaan yang bisa dishare dan dijawab. Selanjutnya mau kasih bahasan tambahan di bawah tentang asrama UGM dan tips SBMPTN IPC (khusus buat anak IPA yang mau masuk bahasa Korea tapi bingung belajarnya). Buat yang mau lanjut baca, silahkan klik link dibawah, tapi yang merasa cukup bisa stop disini dan chat via line atau komentar kalau ada pertanyaan. Tapi saran dari kami mending gausah bertanya tapi lebih fokusin aja berdoa sama belajarnya. Fighting!

KURSUS BAHASA KOREA ONLINE/OFFLINE (Solo sekitarnya) cek » KURSUS BAHASA KOREA DI SOLO ATAU ONLINE

Komentar

  1. Hai? 누구세요? ㅋㅋㅋㅋ

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai pengunjung dari angkatan 2016 kedua wkwk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Halo Mba Isna...

    Saya Haga dari BritishEnglishClass.com
    Start-up Online learning bahasa asing. Saat ini kami telah membuka kelas Inggris, Jepang, Mandarin dan France. Tutor sebanyak 200 orang tersebar diseluruh Indonesia.

    Kami mencari tutor freelancer utk mengajar online. Semoga Anda tertarik atau jika terlalu sibuk kami ingin memasang loker di blog Anda. :-D

    Semoga loker kami bermanfaat utk yang masih mencari pekerjaan.

    Terima kasih atas kesempatannya
    Bisa kontak kami di 082110009343

    Salam,

    BalasHapus
  3. halo kakak, saya mau nanya. kalau dari smk tata boga bisa masuk UGM jurusan sastra korea gak? dan apa yang harus kita pelajari agar bisa keterima? terimakasih banyak kakak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dulu deh lewat SBM karena aku kurang tahu masalah SMK mana yang bisa masuk di S1 hehe.. buat belajarnya soshum sama tkpa ya. Cek sistem penilaian sbm yang terbaru trus coba cari trik biar bisa mendapatkan nilai maksimal ;)

      Hapus
  4. Halo, maaf mau nanya. Untuk persyaratan daftarnya, terutama usia gimana ya. Karena kebetulan saya sarjana S1 sastra Indonesia angkatan tua bingit, apakah masih bisa mendaftar. Saya ingin belajar bhs Korea karena saya bekerja di perusahaan Korea juga ingin bisa menjadi penerjemah sekalian ke depannya. Kalaupun tidak bisa di S1 apakah bisa daftar yg D3? (Persyaratan D3 juga bagaimana?)
    알려주세요, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sekarang ini sistem masuk perguruan tinggi hanya sampai pada 3 angkatan di atasnya. Contohnya untuk ujian masuk tahun 2019 maksimal lulusan SMA/SMK/sederajat tahun 2017 saja yang bisa mendaftar. Selebihnya tidak bisa lagi :)

      Hapus
  5. Kak 'buku kitab (Bahasa Korea Terpadu untuk Orang Indonesia)' ada yg jual? Mau ambil TOPIK juga nih😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma bisa download e-book, kita aja fotocopy karena udah ga keluar lagi..

      Hapus
  6. kak saya kan dari smk jurusan kesehatan kalo misal saya kulianya mau ambil sastra korea bisa masuk apa enggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya untuk smk cuma bisa beberapa smk aja yg bisa masuk, lebih lanjut cek di web sbm ya :)

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Halo kak saya ingin tanya berapa kuota mahasiswa yang diterima pada tahun depan?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap tahun 40 ya, blm ada perubahan karena dosen kami juga masih banyak yg bolak balik S3 ke korea

      Hapus
  9. Halo kak saya mau nanya ni, kan saya sekrang kls 3 sma jurusan ipa, aku mau sekali ambil jurusan sastra korea di ugm tapi alumni sma aku ngga ada yg di ugm apa itu berpengaruh kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di snm pengaruh tapi kalo sbm sama utul ga pengaruh :)

      Hapus
  10. Kak saya kan lulusansmk jasa boga angkatan 2017 apakah bisa masuk di jurusan bahasa korea untuk tahun depan. Mohon di jawab ya kak. Kalau bisa syaratnya apa aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek web sbm atau ugm ya smk yg bisa masuk jurusan apa aja :)

      Hapus
  11. kak, saya kan smk jurusan kesehatan untuk masuk ke jurusan bahasa korea apakah bisa? alhamdulillah saya sudah menguasai setengah dari bahasa korea hasil belajar autodidak. namun saya ingin mengejar snmptn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek web sbm atau ugm ya smk yg bisa masuk jurusan apa aja :)

      Hapus
  12. Assalamualaikum, nama saya diniah. Saya bersekolah di di SMK PALU yang berjurusan pemasaran, kira-kira bisa masuk di bagian sastra korea?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek web sbm atau ugm ya smk yg bisa masuk jurusan apa aja :)

      Hapus
  13. Perbedaan masuk s1 sama d3 kira2 apa ya kak

    BalasHapus
  14. coba cek postinganku yg lain udah tak jelasin, bedanya yg jelas S1 teori, D3 praktek :)

    BalasHapus
  15. kak, smk jurusan teknik enggk bisa masuk bakor ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan nya sih kecil.. lebih baik sesuai jurusan saja :)

      Hapus
  16. Kak kouta untun sbm dan snmptn masing" brapa orang ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tahu yg sekarang, coba cek info pembagian kuota ptn dibagi 40 orang

      Hapus
  17. Kak mau nanya dari smk farmasi bisa keterima nggak ya disitu?

    BalasHapus
  18. Kak, untuk tahun lalu mabar yang masuk lewat jalur snm nilai rapor terendah berapa?

    BalasHapus
  19. aku pengen ambil jurusan sastra korea di UGM tapi alumni dari sekolah aku ngga ada yg di jurusan ini apa itu ngaruh sama snm kak??

    BalasHapus
  20. Kak, saya dari SMK jurusan kecantikan, kira kira bisa keterima ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya kak, cuma mau bantu jawab😊
      Bisa banget kak, karena dari yg aku baca di web resminya untuk persyaratannya bisa dari sma ipa/ips/bahasa dan kalau smk hanya dari kelompok bisnis & manajemen dan kelompok pariwisata (karena jurusan kecantikan termasuk kelompok pariwisata) selain kelompok itu kecil peluangnya.
      Persyaratan untuk lulusan smk antara S1 sama D3 bahasa korea cuma beda tipis

      Hapus
  21. Selamat malam, Kak. Saya mau tanya. Kalau jurusan Bahasa bisa masuk ya kan? Tapi apa peluangnya sebesar yang jurusan MIPA sama IPS ya kak? Aku benar-benar minat ikut prodi semacam ini, kak. 4 tahun aku belajar bahasa Korea dan aku mau lanjutin belajar ke jenjang yang lebih tinggi, kak. Doa'in ya, kak. Siapa tahu tahun depan bisa jadi 후배nya kakak^^
    잘부탁드립니다!.!.!

    BalasHapus
  22. Kak mau tanya kalo kakak sendiri masuk bkk lewat jalur apa, dan kalo mau liat daya tamoung utul itu dimna?

    BalasHapus
  23. Kak kalau passing grade nya makin kecil itu artinya persaingannya semakin ketat apa kebalikannya nih?
    Di jurusan tersebut kebanyakan lulusan ips atau ipa?

    BalasHapus
  24. kak, apa bisa smk akuntansi masuk jurusan bakor? lalu, tes nya kita berarti harus pelajari soal soal sma kah?

    BalasHapus
  25. kak saya dari smk jurusan teknik apa bisa masuk jurusan bahasa korea?

    BalasHapus
  26. Hai, aku tanya boleh.
    Aku udah baca reviewmu. Aku mw belajar mandiri. Nah yang aku mw tanyakan, klo di bhs jepang bljarnya dri kitabnya namanya minna nihongo dan panduannya bisa dri youtube. Nah minna nihongo ini buku nya dipke sejak anak2 sekolah dasar di jepang
    Bgmna dengan bahasa korea sendiri, apakah ada buku kitab seperti itu. Jadi untuk buku belajar anak sekolah dasar di korea?
    Tmksh ya kk

    BalasHapus
  27. Ka mau tanya kalo dari Kejuruan multimedia bisa masuk nggmasukk,soalnya disekolah aku ada pelajaran bahasa korea nya,jadi aku tertarik pngen kuliah bahasa korea

    BalasHapus
  28. Kak kalo jurisan bahasa tapi gak ada materi bahasa korea masuk sastra korea bisa gak?

    BalasHapus
  29. Kak kalo saya smk nya dari jurusan teknik multimedia, terus nanti lulusnya mau ke ugm jurusan sastra korea ity bisa apa engga? Dan harus masuk jalur sbm apa snm kak?

    BalasHapus
  30. Salam kenal. Kak bisa alamat email gak? Mau tanya2 seputar kegiatan perkuliahan sastra korea di ugm. Ini emailku aprilia[dot]ernita(at)gmail[dot]com

    BalasHapus
  31. Kak kalo jurusan Ipa peluang nya dikit apa banyaak kak buat masuk?

    BalasHapus
  32. kak mohon penjelasan untuk ipc dong kak

    BalasHapus
  33. Kak mau tanya dong, anak jurusan mipa masuk jurusan ini lewat snm bisa ga ya kak? Terus peluangnya besar atau kecil kak?

    BalasHapus
  34. kak mau tanya, banyak presesentasinya gak di jurusan ini?

    BalasHapus
  35. Hallo kak!
    Kenalin aku yulia
    Aku pengen masuk UGM jurusan bahasa korea tp melalui jalur beasiswa.
    Apakah UGM menyediakan beasiswa untuk jurusan bahasa korea? Dan apakah ada asrama untuk tempat tinggal mahasiswa/i dari luar jawa?
    Mohon dijawab ya kak
    Terima kasih:)

    BalasHapus
  36. Gak tahu ini bakalan di baca sama kakak atau enggak ? Aku punya mimpi masuk sini kak, sekarang aku kelas 12 aku udah banyak tahu soal korea baik bahasa dan budaya mereka dan aku pengen banget kembangin ini lebih lagi makanya aku pengen kesini. Btw kak, aku ini anak SMK jurusan Perbankan syariah gitu, sebenernya bisa masuk SMA karena nilaiku tinggi tapi jamanku kena jalur zonasi jadi gak bisa😭 gimana kak apakah bisa ? Aku takut banget, soalnya mimpiku beneran disini 🥺

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sedikit tentang review asrama UGM

Karena ada banyak pertanyaan tentang asrama UGM, mau bahas nih sedikit pengalaman waktu dulu setahun di asrama. Buat yang mau ketemu banyak temen, wifi gratis dan biaya akomodasi murah, bisa pilih asrama UGM. Tapi coba cek review dari saya dulu ya. Asrama ini terbagi menjadi dua, asrama pria (dharmaputera) dan wanita (ratnaningsih). Dari sini dibagi lagi menjadi beberapa asrama. Untuk pria kurang tau ya ada berapa, kalau ga salah ada baciro, dan lain-lain (lupa). Untuk wanita ada Ratnaningsih Kinanthi, Ratnaningsih Bulaksumur dan Ratnaningsih Sagan. Kalau aku di Ratnaningsih Bulaksumur, jadi mau review dari asrama yang ini aja. Bulaksumur ini asrama pusatnya, jadi kantor asrama juga ada disini. Tempatnya di dalam UGM, dekat Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan dan dekat stadion Pancasila, belakang lembah UGM deh biar gampang. Karena di dalam UGM, masuknya harus dari gerbang UGM dulu, gerbangnya ada dua ya gerbang depan (selatan) sama belakang (utara), lebih dekat lewat belakang

Masuk Bahasa Korea UGM?

Masuk Bahasa Korea UGM? Hal yang dipikirkan para calon mahasiswa Bahasa Korea UGM adalah jalur masuk, biaya dan yang terutama restu dari orang tua. Kali ini saya akan membahas tentang hal itu menurut pengalaman saya dan teman-teman saya ㅋㅋ Lewat jalur apa? - SNMPTN Jalur ini dikenal dengan kata "beruntung", kalau kalian bisa masuk jalur ini, artinya keberuntungan kalian besar karena tidak ada yang tahu bagaimana alur penilaiannya untuk lolos. Banyak orang yang menebak-nebak cara lolosnya, tapi tentu tiap jurusan berbeda-beda. Jurusan Bahasa Korea termasuk dalam soshum. Kesempatan terbuka lebar bagi anak SMA yang masuk jurusan IPS, lalu bagaimana yang IPA? Jangan khawatir! Beberapa teman kami lolos jalur SNMPTN walaupun jurusan IPA. Tapi hal itu tentu salah satu kriteria penilainnya dari akreditasi sekolah. Kuota yang diberikan untuk jalur ini adalah 20% (40 x 20% = 8 orang, untuk tahun 2016, prodi menerima 12 mahasiswa dari jalur ini) - SBMPTN Jalur ini peminatnya cu