Langsung ke konten utama

Sedikit tentang review asrama UGM

Karena ada banyak pertanyaan tentang asrama UGM, mau bahas nih sedikit pengalaman waktu dulu setahun di asrama. Buat yang mau ketemu banyak temen, wifi gratis dan biaya akomodasi murah, bisa pilih asrama UGM. Tapi coba cek review dari saya dulu ya.

Asrama ini terbagi menjadi dua, asrama pria (dharmaputera) dan wanita (ratnaningsih). Dari sini dibagi lagi menjadi beberapa asrama. Untuk pria kurang tau ya ada berapa, kalau ga salah ada baciro, dan lain-lain (lupa). Untuk wanita ada Ratnaningsih Kinanthi, Ratnaningsih Bulaksumur dan Ratnaningsih Sagan. Kalau aku di Ratnaningsih Bulaksumur, jadi mau review dari asrama yang ini aja.

Bulaksumur ini asrama pusatnya, jadi kantor asrama juga ada disini. Tempatnya di dalam UGM, dekat Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan dan dekat stadion Pancasila, belakang lembah UGM deh biar gampang. Karena di dalam UGM, masuknya harus dari gerbang UGM dulu, gerbangnya ada dua ya gerbang depan (selatan) sama belakang (utara), lebih dekat lewat belakang karena langsung belok kiri.

About asrama
ㅡ Biaya, mulai 350 ribu/bulan (lantai 3 untuk Bulaksumur, dan lantai 4,5 untuk Kinanthi, untuk Sagan yang kamar isi 3 sepertinya juga tarifnya 350ribu), lalu 450ribu/bulan (lantai 2 untuk Bulaksumur, 2,3 untuk Kinanthi) dan 500ribu/bulan (lantai 1). Biaya ini dibayar di muka dan langsung satu tahun penuh. Jadi kalau ambil lantai 1, bayarnya langsung 6 juta. Disini masih ada biaya tambahan yaitu biaya pertanggung jawaban aset (?), entah apa namanya, sejumlah biaya sewa 1 bulan. Jadi kalau udah bayar 6 juta (untuk lantai 1), masih ditambah 500rb untuk biaya tambahan itu. Jadi totalnya sekali bayar 6.500.000, nanti yang biaya tambahan itu akan dikembalikan setelah keluar asrama.
Selain itu ada beasiswa asrama dimana kalian bisa dapat biaya sewa 0 rupiah untuk satu tahun. Disini ada syaratnya, untuk syarat kurang tau jadi mungkin bisa dicek di webnya. Atau nanti saya share menyusul.
ㅡ Satu kamar 2-3 orang. Gaada kata sendiri, disini tidak ada pemasangan partner. Kalau ambil kamar 1, maka roommatenya yang ambil kamar 1 juga.
ㅡ Ada UGM Hotspot. Disini ada wifi gratis, tapi merknya UGM Hotspot. Fyi kalau wifinya UGM itu ada batas kuotanya yaitu 3 GB/hari. Dan untuk menikmati wifi ini kalian harus keluar kamar. Untuk yang lantai 1 mungkin masih sampai di dalam kamar wifinya.
ㅡ Ada laundry, minimarket, satpam. Laundrynya bayar sendiri ya, tidak termasuk paket. Satu lagi ada kantin.
ㅡ Setiap bulan ada lifeskill. Kita wajib per semester ikut 3 kali lifeskill (kalau ga salah). Ini acara bersama semua asrama, bisa jadi ajang modus .uhuk
Jadi nanti daftar di webnya, bisa jadi rebutan kuota karena cepet habis kuotanya. Lalu di lifeskill ini tiap bulan beda-beda acaranya. Ada yang seminar, outbond, dan lain-lain. Kebanyakan sih seminar, ini tergantung dari asramanya. Kadang kaget tetiba suruh pakai baju olah raga, berarti outbond. Kalau di asrama mah seminar. Tapi seminarnya seru, dari dosen UGM. Dapet makanan gratis pula, lumayan irit makan siang.
ㅡ Parkir motor terlindung (buat Bulaksumur), jadi ga kehujanan. Cuma awas sama helm dan jas hujan, biasanya banyak yang hilang.
ㅡ JAM MALAM. Ini nih, maksimal (kalau dulu) jam 11, kurang tau yang sekarang mungkin jam 10 atau masih jam 11. Kalau pulang telat wajib ijin. Disini ijinnya harus disertakan bukti konkrit, mau nginep di rumah temen, harus telpon orang tua dulu. Kalau ada acara jurusan, harus ada surat ijinnya. Ini berlaku juga kalau pulang kampung, wajib ijin. Nah untuk asrama lain selain bulaksumur, asramanya di luar kampus jadi untuk masuk asrama ga perlu pusing. Tapi kalau di Bulaksumur harus muter dulu lewat pintu samping, karena pintu utamanya lewat gerbang UGM yang ditutup jam 9 atau 10 malam (lupa).
ㅡ Ada jam kunjung tamu
ㅡ Tamu menginap? Wajib bayar 50ribu (ini dapat extra bed).
ㅡ Kamar mandi dalam (kecuali Sagan, sepertinya/?)
ㅡ Di kamar sudah disediakan meja belajar dan kasur.
ㅡ Ada dapur bersama per lantai.
ㅡ Ada dispenser bersama, bisa untuk air dingin dan air panas.
ㅡ Ada tempat jemur pakaian, kalau di Bulaksumur di jendelanya dan itu berhadapan dengan halaman, jadi harus waspada datangnya hujan sama kabur. Nanti jatuhnya di halaman kalo diambil orang kan bahaya :(

Mungkin cukup sekian tentang asrama ugm, kalau ada tambahan nanti saya update lebih. 안뇽!

Komentar

  1. halo ka, kalo asrama yang paling dekat dengan fkt yg mana ya?

    BalasHapus
  2. Hallo ka, kalo asrama yg dekat vokasi pengelolaan hutan yg mana ya?

    BalasHapus
  3. itu sama kaya fkt, kalo cewek bulaksumur sama kinanthi, lebih deket bulaksumur sih. kalo cowok baciro apa ya/? cowok kebanyakan agak jauh :( kalo cowok ada yang baru sih tapi gatau namanya hehe

    BalasHapus
  4. Kak tata cara daftar asrama gimana ya??? Trs sekarang pendaftarannya udh buka atau belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya baru balas ㅜㅜ datang aja ke asrama yang kamu mau nanti dijelaskan, dan biasanya junj/juli sudah dibuka

      Hapus
  5. Kak kalau asrama yang deket sama fisip, asrama mana ya?

    BalasHapus
  6. kak, kalo ada yg nginep tapi ga bayar itu bisa gak?🤣 kalo ketauan gmn?😅

    BalasHapus
  7. kak bisa masak di asrama ngga? nggoreng nggoreng gitu maksudnya. Terus disana budget makan sehari berapa kalau beli 3x sehari?

    BalasHapus
  8. Halo kak,kalo yg dekat dgn fisip yg mana ya?terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Q&A Bahasa Korea UGM

Halo! Kembali lagi mulai membuka blog ini dan rasanya ingin memposting beberapa hal karena selama setahun setelah beberapa artikel diterbitkan, viewersnya banyak dan banyak juga pertanyaan masuk lewat kolom komentar dan chat line. Untuk itu saya akan posting pertanyaan-pertanyaan yang "mainstream", budayakan membaca ya sebelum bertanya :) Sebelumnya saya perkenalan diri sendiri dulu ya karena banyak yang bertanya. Saya masih kuliah dan masuk S1 Bahasa Korea angkatan 2016 lewat jalur SBMPTN tes IPC (karena pilihan lainnya ambil saintek) dan Bahasa Korea saya masukkan ke pilihan pertama. Q&A about 가자마다 대학교 한국어학과 (Jurusan S1 Bahasa Korea UGM) 1. Kuliah di Bahasa Korea sibuk ga? ㅡ Antara sibuk atau ngga sih, tergantung mata kuliah yang kalian ambil. Kalau aku sih selama semester 1-3 masih santai (read masih males-malesnya) karena mata kuliah yang kami ambil tata bahasa, menulis, membaca, mendengar, berbicara yah sekitar itu terus selama tiga semester. Tapi semester 4

Masuk Bahasa Korea UGM?

Masuk Bahasa Korea UGM? Hal yang dipikirkan para calon mahasiswa Bahasa Korea UGM adalah jalur masuk, biaya dan yang terutama restu dari orang tua. Kali ini saya akan membahas tentang hal itu menurut pengalaman saya dan teman-teman saya ㅋㅋ Lewat jalur apa? - SNMPTN Jalur ini dikenal dengan kata "beruntung", kalau kalian bisa masuk jalur ini, artinya keberuntungan kalian besar karena tidak ada yang tahu bagaimana alur penilaiannya untuk lolos. Banyak orang yang menebak-nebak cara lolosnya, tapi tentu tiap jurusan berbeda-beda. Jurusan Bahasa Korea termasuk dalam soshum. Kesempatan terbuka lebar bagi anak SMA yang masuk jurusan IPS, lalu bagaimana yang IPA? Jangan khawatir! Beberapa teman kami lolos jalur SNMPTN walaupun jurusan IPA. Tapi hal itu tentu salah satu kriteria penilainnya dari akreditasi sekolah. Kuota yang diberikan untuk jalur ini adalah 20% (40 x 20% = 8 orang, untuk tahun 2016, prodi menerima 12 mahasiswa dari jalur ini) - SBMPTN Jalur ini peminatnya cu