Langsung ke konten utama

Masuk Bahasa Korea UGM?

Masuk Bahasa Korea UGM?

Hal yang dipikirkan para calon mahasiswa Bahasa Korea UGM adalah jalur masuk, biaya dan yang terutama restu dari orang tua. Kali ini saya akan membahas tentang hal itu menurut pengalaman saya dan teman-teman saya ㅋㅋ

Lewat jalur apa?
- SNMPTN
Jalur ini dikenal dengan kata "beruntung", kalau kalian bisa masuk jalur ini, artinya keberuntungan kalian besar karena tidak ada yang tahu bagaimana alur penilaiannya untuk lolos. Banyak orang yang menebak-nebak cara lolosnya, tapi tentu tiap jurusan berbeda-beda. Jurusan Bahasa Korea termasuk dalam soshum. Kesempatan terbuka lebar bagi anak SMA yang masuk jurusan IPS, lalu bagaimana yang IPA? Jangan khawatir! Beberapa teman kami lolos jalur SNMPTN walaupun jurusan IPA. Tapi hal itu tentu salah satu kriteria penilainnya dari akreditasi sekolah. Kuota yang diberikan untuk jalur ini adalah 20% (40 x 20% = 8 orang, untuk tahun 2016, prodi menerima 12 mahasiswa dari jalur ini)

- SBMPTN
Jalur ini peminatnya cukup besar, tetapi persaingannya sehat karena harus menempuh jalur tes tertulis terlebih dahulu. Ada 2 tes yang harus dilalui yaitu TPA/TKPA dan Soshum. Soal ini berstandar nasional, cukup menantang tapi do the best! Banyak berdoa dan belajar! Tips untuk SBMPTN adalah tempatkan Bahasa Korea di pilihan pertama karena peluangnya akan semakin besar. Kuota SBMPTN untuk Bahasa Korea UGM adalah 40% (40 x 40% = 16 orang, tahun 2016 prodi menerima 13 mahasiswa dengan 11 mahasiswa yang mendaftar ulang, kuota yang menurun biasanya dikarenakan kuota di jalur lain yang naik (SNMPTN))

- Seleksi Mandiri I UGM (Ujian Tertulis ㅡ UTUL UGM)
Jalur ini adalah jalur tes, biasanya diadakan sebelum pengumuman SBMPTN keluar. Untuk jalur ini harus membayar sesuai berapa pilihan yang diambil (selengkapnya cek syarat tes jalur UTUL UGM). Jika sudah diterima di jalur SBMPTN, sistem jalur ini akan memblock kalian untuk diterima di jalur ini walaupun kalian sudah tes. Tetapi kalau tidak diterima di SBMPTN, ada kesempatan untuk diterima di jalur ini. Kuota jalur ini adalah 40% (16 orang), tetapi, kuota jalur ini tergantung kuota jalur sebelumnya juga. Tahun 2016, Bahasa Korea menerima 19 mahasiswa dan 15 orang yang mendaftar ulang.
Jadi pada tahun ini, mahasiswa Bahasa Korea FIB UGM adalah 38 mahasiswa.

OH IYAA!
Tambahan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang masuk lewat line. D3 Bahasa Korea UGM sudah dibuka kembali mulai tahun 2017, jadi untuk yang ingin masuk D3 Bahasa Korea UGM, silahkan bisa lewat jalur PBU UGM (bisa cek um.ugm.ac.id) dimana ini adalah jalur prestasi, jalur UTUL 1 dan 2.
RUMORnya pendaftaran terakhir D3 UGM adalah di tahun 2019, jadi manfaatkan kesempatan masuk D3. Selanjutnya semua D3 akan diubah ke D4, dan akan dibuka S2 untuk diploma (S2 Terapan). Jadi jangan khawatir masuk D3 ;)


NB:
BUDAYAKAN MEMBACA!
Sebelum bertanya, baca dulu ya post yang lain, terutama post Q&A. Mungkin pertanyaan kalian udah kejawab disitu. Maaf ya udah terlalu sering menjawab pertanyaan yang sama, saya udah jadikan satu di post lain biar lengkap sekalian dan mungkin lateresp dalam menanggapi line atau komen disini karena sedang sibuknya tugas kuliah. 힘내자!
Daripada kontak saya, biar lebih fastrespon bisa ke OAnya Himahara (Himpunan Mahasiswa Bahasa Korea) UGM di line, atau ig (himaharaugm), karena nantinya kalau saya sibuk, chat yang masuk pada akhirnya saya alihkan kesitu.

WARNING
NO CHAT LINE UNTUK TANYA-TANYA! Lebih baik tanya di ask.fm --> dgdng17n9 .



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

KURSUS BAHASA KOREA ONLINE ATAU OFFLINE (Solo sekitarnya)?

Komentar

  1. test.. kak.. aku dari MA kira2 bisa masuk gk ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget! untuk jurusan yang berhubungan dengan bahasa di ugm, baik IPA/IPS/MA bisa masuk, maaf late respon :)

      Hapus
  2. Bantu jawab..sekolah tidak ada mapel bahasa korea gpp dek, dari sekolah semua anak bakor 2016 nggak ada mapel bakor waktu SMA nya tuh 😃

    BalasHapus
  3. Bantu jawab..sekolah tidak ada mapel bahasa korea gpp dek, dari sekolah semua anak bakor 2016 nggak ada mapel bakor waktu SMA nya tuh 😃

    BalasHapus
  4. Kak, beneran kalo udah lulus sbm otomatis diblock di UTUL? Itu berlaku untuk peserta sbm ugm aja, at kampus lain juga? Informasi validnya bs didapat dmn ya, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya begitu, kesempatan seseorang masuk ke ugm hanya sekali dalam tahun itu, jadi kemungkinan kalau sudah diterima di snm/sbm sudah tidak bisa diterima di utul. untuk universitas lain sepertinya sama, hanya perndapat, maaf late respon :)

      Hapus
  5. maaf sblumnya sya mw nanya klo ijazahnya itu kejar paket gimana yaa. klo msalah mmbaca mnulis dan percakapan bhasa korea sya insyaallah bisa soalny udah prnah di korea lmyan lama cmn ini mw mndalami lagi sblumnya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah ijazah itu ketentuan universitas, bisa ditanyakan ke official akunnya UGM sendiri :) jika universitas ataupun dari kemdikti tidak mempermasalahkan, maka pihak jurusan dan fakultas juga tidak mempermasalahkan :)

      Hapus
  6. makasih lilisku udah bantu jawab><

    BalasHapus
  7. kak mau tanya, kalau sbmptn jurusan bakor di ugm itu adanya S1 ya? kalau d3 munculnya pas utul ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang ugm udah tidak menerima d3 bahasa korea lagi, s1 bahasa korea bisa jalur sbmptn dan utul 1, lagian sbmptn itu bisanya cuma daftar s1 kk

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Serius kak? Yah sayng bgt pdhl mau coba d3 :(

      Hapus
    4. D3 masih jalan kak sampai sekarang

      Hapus
  8. Kak bolehkah minta kontak? ID line atau nomer whatsapp? Need to talk privaetly hehe makasih:3

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. bisa, disarankan SBMPTN atau UTUL aja ya :)

      Hapus
  10. 😢kak itu kuotanya benar" 38 orang? 😐 aku pingin masuk fib bakor ugm ...tapi takut..soalnya aku dari ipa 😢
    Kalau boleh tanya kalau lulusan bakor itu peluang kerjanya besar gak ya? Terus jenis pekerjaannya apa saja?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kak salam kenal.aku juga pengen masuk fib bakor tapi aku juga agak takut karena dari jurusan ipa

      Hapus
    2. halo dek, sekitar 40 orang kok kuotanya :) aku juga dari IPA, jangan takut! banyak juga anak IPA kesasar disini hehe

      besar peluang pekerjanya, banyak seonbae kami yang jadi penerjemah dan tour guide bahkan sebelum lulus

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    4. Kakak dri jurusan ipa dftar ke ugm lewat jalur apa?

      Hapus
    5. kk mau nanya kakak dari jurusan ipa masuk bakor melalui jalur apa?

      Hapus
  11. Kak, kalo lulusan SMK bisa daftar masuk ngga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, disarankan SBMPTN atau UTUL aja ya :)

      Hapus
    2. Kenapa harus SBMPTN/UTUL, emang SNMPTN ngga bisa ya kak? Padahal pengen banget lewat jalur SNMPTN:(

      Hapus
    3. Bisa kok, tapi lebih diutamakan dari SMK Bahasa kalau dari SNMPTN :)

      Hapus
  12. kak apa ajasi yang perlu disiapin bener bener biar bisa ketrima di fib bakor ugm? Soalnya aku sendiri pas pasan di sekolah😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik banyak latihan di TKPA dek, aku dulu fokus ke TKPA karena aku anak IPA dan soshum itu cuma bisa nalar..

      Hapus
    2. TKPA apaan sih kak klo boleh tau?

      Hapus
    3. TKPA apaan sih kak klo boleh tau?

      Hapus
  13. Kak saya tidak pandai bahasa korea bahkan ga tau. Tapi saya ingin msuk jurusan ini. Adakah peluang untuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masuk bahasa Korea ga perlu bisa bahasa Korea dulu karena ujian masuk unniv kan gaada hubungannya dengan bahasa Korea juga. Aku juga belajar dari 0, dari belajar nulis hangeul, belajar budaya semua dari dosen. Jadi coba aja, semangat!

      Hapus
  14. Maaf Kak boleh minta id line atau sejenisnya nggak ? Soalnya aku mau nanya sesuatu gitu. Agak susah dijelasin disini... Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  15. Kak mau tanya, bagaimana dengan prospek kerja lulusan sastra Korea? Apakah menguntungkan jika kita lulus sebgai lulusan sastra Korea? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SANGAT MENGUNTUNGKAN :) karena belum lulus aja kamu sudah bisa parttime dan dapat gaji apalagi kalau lulus

      Hapus
  16. Kak kalau yang dari SMK gimana?
    Bisa masukkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, disarankan SBMPTN atau UTUL aja ya :)

      Hapus
    2. Kalau lewat SBMPTN, pelajaran apa aja yang diteskan?

      Hapus
    3. Kalau SNMPTN peluangnya besar untuk SMK Bahasa. Kalau SBMPTN ambilnya soshum ya, jadi nanti ada TKPA, ekonomi, sosiologi, dll

      Hapus
  17. halo kak, aku sebenarnya aku masih SMP kelas 3, untuk masuk ke UGM jurusan bahasa korea apakah nama SMA juga dirundingkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk SNMPTN mungkin dirundingkan tetapi untuk UTUL dan SBMPTN tidak :)

      Hapus
  18. Hallo kak. Kalau dari SMK bisa masuk nggak? PLEASE BANTU JAWAB KAK

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, disarankan lewat sbm atau utul ya :) semua jurusan baik sma ipa, ips, smk bisa masuk bahasa korea :)

      Hapus
  19. bisa, disarankan SBMPTN atau UTUL aja ya :)

    BalasHapus
  20. Kak, kaka dulu masuk bakor ugm lewat jalur apa? Aku dari jurusan soshum.. Kalau misalnya snmptn, itu nilai rapor yang dilihat mapel apa aja?...ㅠㅠ terima kasih sebelumnya kak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat sbmptn :) kalau snmptn itu semua yang tau dari pusat dek, jadi coba aja dulu siapa tau kamu beruntung bisa masuk bahasa korea^^

      Hapus
  21. kak, aku tahun ini daftar prodi bahasa korea. semoga tahun ini lolos dan jadi hobae kakak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat ya~ jangan lupa banyak berdoa sama belajar

      Hapus
  22. Hallo kaa^^ kakak tau ga kira2 yg lolos lewat SNM itu rata2nya pada berapa ya? Aku mau coba lwt SNM dulu nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah untuk rata-rata kurang tau ya, mau dikasih kontak temen yang keterima snm kah?

      Hapus
    2. Wahh boleh ka? Mauuu hehe..

      Hapus
    3. Wahh aku mau dong kak kontak temen kakak yang masuk lewat Jalur SNMPTN :) soalnya mau tanya² gitu :)

      Hapus
  23. Kak, kalau kita mau masuk bakor kita harus tau basicnya sampe mana sih kak? Supaya bisa di kejar nantinya kalau misalnya aku ga dpt smptn. Dan tesnya itu berupa soal bakor ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tesnya itu tkpa sama ips dek, gaada hubungannya sama bakor sama sekali :( kalo pake korea sedikit yang keterima :)

      Hapus
  24. Assalamu'alaikum kk, sy jurusan IPA, dan alhamdulillah d.sekolah kami, kami mempelajari B. Korea, apakah peluang masuk d.UGM jurusan B. Korea besar ??, kalau tes.nya SNMPTN peluangnya besar kah kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluang masuk untuk semua sekolah sama besarnya kok, tinggal usaha dan niat kamu aja untuk masuk jurusan ini gimana. Banyak berdoa, usaha, dan minta restu orang tua jangan lupa^^ semangat~

      Hapus
  25. assalamualaikum kak, saya dari jurusan bahasa itu kira-kira peluangnya buat sn itu besar gak ya? terus kalo masuk jurusan sastra korea apa aja yang dipelajari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. besar kok, tapi tergantung akreditasi sekolah sama kakak kelas yang pernah masuk ke bakor ya. Coba cek postingan yang lain, udah aku jelasin disitu :)

      Hapus
  26. Halo kak.
    Saya skrng kterima SNMPTN. Mau ngmbil B.korea nih..
    Tapi.. takut juga ga terima, soalnya kayaknya banyak bgt yang minat b.korea.
    Katanya peluang SN ini besar, tapi saya agak takut juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan takut, berdoa dulu aja siapa tau kamu dapet kuota buat masuk bahasa korea^^

      Hapus
  27. kak mau tanya nih, saya kan sma dari jurusan bahasa, pernah denger nggak kak? disekolahku ada 3 jurusan soalnya kak bahsa, ipa dan ips, nah aku dari jurusan bahsa tapi bahsa yang diajarkkan disekolahku bhs perancis, sedangkan aku pgn snmptn bhsa korea, mnurut kakak peluang aku gimana kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa banget tu, ada temen dan kakak tingkat yg dari jurusan bahasa. walaupun bukan bakor tapi peluangnya lumayan :)

      Hapus
  28. Hai kak, mau tanya bedanya d3 sama s1 bakor ugm apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baca disini yah :) http://ahyoungie.blogspot.co.id/2018/02/q-bahasa-korea-ugm.html

      Hapus
  29. kak kasih tips untuk lolos bakor UGM dong kak. peluang sama daya tampung berbanding jauh banget kak, lagian saya juga dari ipa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo SBM fokus ke TKPA nya aja, kalau mau belajar soshumnya, belajarnya ekonomi. Yang lainnya nalar aja :)

      Hapus
    2. Semua berawal dari mimpi ... Bila keyakinan dan keberanian janganlah takut untuk maju... Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu.. Asal kita mau trus berkerja keras dan doa ... Tentukan apa tujuanmu setelah itu genggam erat2, langkahlah maju meski kadang kita akan merasa goyah .. Tapi jangan biarkan kaki kita untuk jatuh ...maksudnya bila kamu telah menentukan jalan apa yang ingin kau ambil kamu harus percaya pada dirimu bahwa aku bisa , aku pasti bisa belajarlah dengan optimal dan berdoalah , tak usah belajar begitu berat.. Tapi rutinlah .. Agar otak mampu menyerap apa yang kita pelajari itu juga tergantung otak per individu.. Mantapkan hatimu dengan sungguh sungguh minta petunjuk kpd yang maha kuasa, aku yakin bila kita berusaha dan doa serta yang maha kuasa merestua , maka semua itu akan terjadi... Jadi intinya percayalah dirimu selalu berfikir positif dan selalu berdoa , belajarlah dengan optimal dan istirahatkan otak sejenak .. Agar otak bisa istirahat .. Kerjakan sbm nanti dengan sungguh2 , baca 2kali jangan baca 3 tau 4 kali nanti keburu waktu habis ,.. Fokus lah dan berdoa agar jawaban yang kmu pilih benar .. Saranku bila kmu ingin lolos jangan menyepelekan setiap mata ujian yang di teskan . Kerjakan dengan optimal jangan maksimal karna klo maksimal dan ternyata tidak lolos itu berarti.anda terlalu memaksa menjawab pertanyaan semua .. Karna apa sbm juga ada dipertanyaan yang tidak ada jawabannya dan jadi klo km nalar tpi kamu jawab padahal tidak ada jawabannya kan juga minus 1 .. Terpenting doa , doa , doa , tirakat , belajar , dan jangan lupa sedekah

      Hapus
  30. tentu dong~ kita di Bahasa Korea selain belajar bahasa juga belajar kebudayaan dan sejarah :)

    BalasHapus
  31. Halloo rifka, untuk masuk sastra korea itu kan saingannya banyak banget ya, ga di UI ataupun UGM yang minat 1000+ orang tapi yang di terima hanya sedikit. Tahun kemaren aku juga ikut SBMPTN dan ujian mandiri lainnya untuk milih sastra korea, tapi selalu gagal karena mungkin banyak yg minat.
    Apa sih yang bikin berhasil untuk bisa masuk di fakultas ini?:( pengen banget jadi salah satu mahasiswa sastra koreaㅠㅠ

    BalasHapus
  32. Kak boleh minta kontaknya ngga kak? Mau tanya² boleh?

    BalasHapus
  33. kak kan saya anak smk. lulus tahun depan. kira" kesempatan masuk jurusan bahasa korea lewat jalur snmptn/ sbmptn ada nggak??

    BalasHapus
  34. kak..peluang jurusan bahasa korea besar gak sih? aku pngn banget tapi takut ga lolos .. soalnya aku dari jurusan ipa dan pelajaran ekonomi sosiologi itu gaada. jadi harus belajar sendiri.. takutnya gabisa nyaingin yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar dong, semua jurusan ada peluangnya kok gausah khawatir ;) aku juga dari ipa, coba kamu cari trik menaklukan sbm yang tahun ini, soalnya sistemnya udah berubah kan. Itu lumayan buat ngeringanin belajar kamu :)

      Hapus
  35. Kak mau tanya, kalau yang diterima exchange students itu dari d3 bahasa korea atau s1 bahasa korea ? Denger" rata2 yg diterima untuk exchange students ke korea itu dari d3/sv semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, jadi bisa dibilang itu paket khusus buat anak bahasa Korea :) Makanya kesempatan buat exchange itu besar banget, gegara ini hampir separo kelas kami ke korea semua tahun ini hihi~

      Hapus
    2. Oiya kak , yang ke korea itu khusus d3 saja atau dari s1 juga bisa?

      Hapus
  36. Kak, mau tanya.. ada gak sih yang keterima di jalur snm tapi dulunya jurusan ipa? ya.. emang ga terlalu berharap sama snm sih, tapi gak ada salahnya mencoba kan^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kok, kalo dari 2016 ada 1^^ gatau kalo dari 2017 sama 2018 hehe tp peluang pasti ada~

      Hapus
  37. kak, kalo kita dari jurusan ips di sma, sma nya diperhitungkan atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. akreditasi sma mempengaruhi biasanya, selain itu keberadaan kakak kelas juga ikut jadi pengaruh :)

      Hapus
  38. 안녕하세요 언니^^
    Aku dah jd kpopers 9th ,sekarang aku kelas 12,aku suka bgt yg berbau korea ,g hanya jd kpopers aku jg tertarik sama budaya, bahasa , bahkan aku bela"in belajar otodidak,lumayanlah bisa nulis bakor sama baca tp belum bisa terjemahin ㅠㅠ ,aku tertarik bgt sama bakor ,tp yg buat aku ragu itu selain izin orang tua dan biaya,ibuku jg bilang kalo aku ke terima lewat snmptn percuma biaya nya banyak karena aku jauh blom lg biaya tempat tinggal ,sedih bgt kakㅠㅠ padahal kepengen bgt,setelah aku search biaya"nya aku jd ragu g pengen bebanin ortu, aku orangnya introvert , aku jg tinggal di luar pulau tepatnya padang masih takut keluar kotaㅠㅠ, mohon bantuan motivasinya kak, apa" aja yg harus aku persiapkanpersiapkan apakah ada solusinyaㅠㅠ, oo iyaa boleh minta wa atau id line nya kak, mau tanya",siapa tau kalo aku jd ngambil jurusan ini aku mohon bantuannya, soalnya g ada yg aku kenal d yogyaㅠㅠ
    감사합니다🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah panjang ya :") chat line aja yuk add rbkaa98 ya nanti aku kasih step step buat yakinin ortu. selain itu kamu bisa buka postku yang lain. disitu aku juga bahas lebih tentang jurusan ini :)

      Hapus
  39. Kak bakor lebih menjanjikan D3 atau S1 ya?

    BalasHapus
  40. Kak mai nanya yang dekat ama fakultas sosialogi asramabyg mana ya kk trimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asrama Bulaksumur dan Kinanthi (untuk wanita), untuk laki-laki Asrama Karangayam dan yg baru maaf lupa namanya

      Hapus
  41. Kak,klo mau masuk bakor lrbih nguntungin jurusan sma ips ya daripada ipa? Aku dru ipa kak,,lebih bnyk dri anak ipa atau ips kak anak bakor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena kelompok soshum jadi ips lebih dipentingkan dan lebih banyak, tp sejauh ini dari ipa juga banyak

      Hapus
  42. Kak aku sekarang udh kuliah di jurusan ekonomi tp aku udh ga sreg sm jurusannya dan pgn pindah masuk bakor tp aku bingung kak gimana caranya aku bisa yakinin ortuku buat yakin sm keputusanku, dan kasih tips dong kak gimana tips bljar smbptn atau utul biar lulus bakor sedangkan dlu jurusanku di sma ipa. 고마워 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaada tips khusus sih, cuma pelajari dulu tkpa yg gaada sangkut pautnya sama ipa ips, abis itu pelajari ips dari sosiologi trus yg paling akhir ekonomi hehe

      Hapus
  43. Kalau lewat snmptn gagal terus gimana?

    BalasHapus
  44. Kak aku sebenernya pengen ambil jurusan bahasa korea tapi takut kalo nanti gak ketrima soalnya kan peminat nya banyak tu..gimana yha kak
    Trus kalo kak kelas aku tu juga ada yang di ugm tapi jurusan nya engak di bahasa korea kalo ngambil SNMPTN mempengaruhi engka kak..?kalo aku ambil di bahasa korea..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak kelas yang pengaruh itu yg ambil di jurusan yg sama, kalo ga yakin coba di jurusan lain aja, masuk bahasa korea itu emang saingannya banyak, tp seterusnya nanti juga harus kerja keras, kalo dari awal udah takut mendingan kamu ambil jurusan lain ;)

      Hapus
  45. Kak, kalau lewat jalur SNMPTN bisa? Itu S1 atau gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang snm itu cuma buat s1, kalo d3 beda lagi

      Hapus
  46. Kak, jurusan bakor ugm butuh biaya banyak enggk ya? Klo boleh tau, mulai awal masuk yg harus dibayar apa aja? Buat kelompok ukt ≤ 4.
    Saya bingung mau bilang ke ortu yg udah terlanjur berpikir kuliah di ugm itu mahal.
    Mohon dijawab kak.. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biayanya paling buat kepanyiaake biasanya keluar uang lumayan, tp kalo udah selesai dapet gaji kok. trus kalo beasiswa ke korea aja keluar biaya, kalo ga ya ga keluar biaya. buku sih paling fotocopy..

      Hapus
    2. kepanyiaake itu apa ya kak?
      Jadi enggk terlalu memberatkan orang tua ya kak, soalnya adik saya banyak

      Hapus
    3. kepanitiaan maksudnya, ga kok lagian beasiswa banyak asal mau usaha~

      Hapus
  47. kak klo misalnya saya th ini9 lulus trus nglanjutin kuliah DIII dulu trus setelah selesai DIII itu saya kira2 bisa masuk UGM gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabisa, maksimal ujian untuk sbm utul itu angkatan 3 tahun sblmnya. jadi misalnya ini tahun 2019, yg bisa ujian cuma lulusan tahun 2019, 2018, 2017

      Hapus
  48. Kak mau dong minta kontaknya yang ketrima bakor ugm lewat jalur snmptn :)

    BalasHapus
  49. Kak yang d3 bisa ikut lewat PMDK nggak?

    BalasHapus
  50. Itu kalo lewat snm bisa gak kak?

    BalasHapus
  51. Kk, aku bukan lulusan SMA/SMK ..tapi aku lulusan MA jurusan IPS , kira-kira bisa nggak kalo daftar di jurusan sastra Korea..,

    Mohon bantuannya 🙏🙏🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Q&A Bahasa Korea UGM

Halo! Kembali lagi mulai membuka blog ini dan rasanya ingin memposting beberapa hal karena selama setahun setelah beberapa artikel diterbitkan, viewersnya banyak dan banyak juga pertanyaan masuk lewat kolom komentar dan chat line. Untuk itu saya akan posting pertanyaan-pertanyaan yang "mainstream", budayakan membaca ya sebelum bertanya :) Sebelumnya saya perkenalan diri sendiri dulu ya karena banyak yang bertanya. Saya masih kuliah dan masuk S1 Bahasa Korea angkatan 2016 lewat jalur SBMPTN tes IPC (karena pilihan lainnya ambil saintek) dan Bahasa Korea saya masukkan ke pilihan pertama. Q&A about 가자마다 대학교 한국어학과 (Jurusan S1 Bahasa Korea UGM) 1. Kuliah di Bahasa Korea sibuk ga? ㅡ Antara sibuk atau ngga sih, tergantung mata kuliah yang kalian ambil. Kalau aku sih selama semester 1-3 masih santai (read masih males-malesnya) karena mata kuliah yang kami ambil tata bahasa, menulis, membaca, mendengar, berbicara yah sekitar itu terus selama tiga semester. Tapi semester 4

Sedikit tentang review asrama UGM

Karena ada banyak pertanyaan tentang asrama UGM, mau bahas nih sedikit pengalaman waktu dulu setahun di asrama. Buat yang mau ketemu banyak temen, wifi gratis dan biaya akomodasi murah, bisa pilih asrama UGM. Tapi coba cek review dari saya dulu ya. Asrama ini terbagi menjadi dua, asrama pria (dharmaputera) dan wanita (ratnaningsih). Dari sini dibagi lagi menjadi beberapa asrama. Untuk pria kurang tau ya ada berapa, kalau ga salah ada baciro, dan lain-lain (lupa). Untuk wanita ada Ratnaningsih Kinanthi, Ratnaningsih Bulaksumur dan Ratnaningsih Sagan. Kalau aku di Ratnaningsih Bulaksumur, jadi mau review dari asrama yang ini aja. Bulaksumur ini asrama pusatnya, jadi kantor asrama juga ada disini. Tempatnya di dalam UGM, dekat Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan dan dekat stadion Pancasila, belakang lembah UGM deh biar gampang. Karena di dalam UGM, masuknya harus dari gerbang UGM dulu, gerbangnya ada dua ya gerbang depan (selatan) sama belakang (utara), lebih dekat lewat belakang